Langsung ke konten utama

Tugas Penyajian Ilmiah I




Tugas I Penyajian Ilmiah kelas AT6-B

1.      Jelaskan perbedaan karangan ilmiah dengan popular!
Jawaban:
·         Karangan popular bertujuan sekadar memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan informasi atau wawasan penulisnya dan selanjutnya (lazimnya diharapkan) sebagai bahan wacana atau diskursus tentang topik itu bagi pembacanya. Sedangkan karangan ilmiah bertujuan mendiseminasikan pemikiran penulis ke khalayak akademik lebih luas melalui medium tulis yang sesuai dengan disiplin ilmunya, baik lingkungan nasional maupun antarbangsa.
·         Karangan popular materinya tidak selalu harus berdasarkan pada fakta-fakta empirik (penelitian), boleh juga dari hasil pengamatan atau perenungan (refleksi). Karangan ilmiah selayaknya ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan sehingga memuat informasi-informasi dan fakta-fakta empirik yang akurat, mutakhir dan komprehensif dengan metodologi yang jelas.
·         Karangan popular pembahasan dan analisis tidak perlu terlalu mendalam dan rinci, namun logika serta sistematika harus tetap diperhatikan, agar pembaca dapat menangkap pesan sesuai dengan yang ingin disampaikan.  Pembahasan dan analisisnya sedapat mungkin menggunakan kata-kata, istilah-istilah atau kalimat yang mudah dicerna dan sudah popular di masyarakat. Semua itu tidak harus secara ketat mengikuti “aturan main” penggunaan tata bahasa yang berlaku di dunia akademik. Karangan ilmiah dipaparkan secara singkat, rinci, logis, sistematis, padat, dan komprehensif (namun tidak bertele-tele), dengan menggunakan bahasa Indonesia (asing) yang sesuai dengan “aturan main” yang berlaku di dunia akademik. Sehingga pembahasan dan analisisnya dapat dipahami dengan jelas dan tepat. Karangan ilmiah merupakan hasil proses penyempurnaan penulisan dan penyuntingan ulang (pembahasan dan analisis termasuk materi, data, bahasa, dsb), sehingga menjadi lebih enak dibaca, dicerna dan dipahami.







2.      Sebutkan masing-masing 5 contoh judul karangan ilmiah dan popular!
Jawaban:
·         Contoh judul karangan ilmiah adalah sebagai berikut:
a.       Isolasi DNA tanaman obat “Fibraurea tictoria” dengan beberapa metode isolasi
b.      Peningkatan kualitas air limbah tekstil dengan bahan organik sebagai Multi Soil Layering
c.       Pengaruh pemberian music klasik dan music rock terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat
d.      Efektivitas limbah daun tembakau untuk mengendalikan ulat krop kubis (Crocidolomia pavonana)
e.       Pengendalian busuk hitam kubis dengan bakteriofage tanah indigenus
f.       Integrasi bioremedian dan mikrobia penyubur terhadap kadar timbal tanah sawah dan bulir padi
g.      Kebutuhan cahaya planlet bawang putih pada fase aklimatisasi
·         judul karangan Contoh popular adalah sebagai berikut:
a.       Indonesia dan perkebunan kelapa sawit dalam isu lingkungan global
b.      PDIP tetap akan mengusung Megawati sebagai calon presiden pada pilpres 2009
c.       Kiat menjadi pengusaha sukses
d.      Habies Anthorium menjadi kaya mendadak
e.       Buah naga: Si buah unggulan masa depan

3.      Kalau anda ragu dengan penggunaan/penulisan suatu istilah, apa yang sebaiknya anda lakukan?
Jawaban:
Jika ragu dengan penggunaan/penulisan suatu istilah sebaiknya mengacu pada peraturan kepenulisan dalam instasi terkait.

4.      Apa yang dimaksud dengan gaya selingkung suatu jurnal?
Jawaban:
Gaya selingkung suatu jurnal merupakan konvergensi keseluruhan upaya penumbuh kebakuan dan wahana pengungkapan serta penyampaian pesan dan kesan secara bertaat asas dengan memperhatikan jati diri dan ciri khas kepribadiannya.
Gaya selingkung merupakan salah satu penciri kepribadian dan jati diri suatu berkala. Gaya ini tumbuh dan berkembang dalam suatu rentang waktu dan menjadi matang setelah kemantapannya memapankan diri. Pada dasarnya terdapat tiga kelompok komponen yang menentukan gaya selingkung suatu berkala, yaitu perwajahan dan format, pola penulisan, serta kedalaman dan kerincian penyajian. Kemantapan wajah berkala (ukuran, warna, hiasan, isi dan tata letak sampul) setiap terit merupakan kesan pertama yang diamati orang. Format dan tata letak halaman, tipe dan ukuran huruf, sistem penomoran, organisasi atau pengaturan isi naskah, jenis kertas, dan faktor penampilan fisik merupakan tolok ukur kecermatan para penyunting mempertahankan kemapanan gaya selingkung.

5.      Jelaskan perbedaan artikel laporan penelitian dan review dalam jurnal atau annual review!
Jawaban:
Artikel laporan penelitian berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Artikel laporan penelitian adalah karya ilmiah yang dikhususkan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah yang diangkat dari hasil penelitan, dimana bagian pendahuluan dan bagian penutup terdapat bagian landasan teoretis, metodologi penelitian, dan hasil dan pembahasan.
Review dalam jurnal (annual review) adalah suatu kegiatan menganalisis krisis dan tidak hanya sekedar meringkas untuk mengambil inti sari dari sebuah tulisan. Tujuan review jurnal adalah untuk mempermudah dalam membahas inti hasil penelitian yang telah dilakukan.
Hal-hal yang perlu ditampilkan dalam review adalah antara lain: latar belakang teori dan tujuan penelitian, metode, hasil dan pembahasan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Perhitungan Nilai Erosi

Contoh soal: Dari hasil penelitian di suatu daerah penelitian, diketahui bahwa daerah penelitian tersebut terbagi menjadi 3 satuan peta lahan (SPL) dengan sifat-sifat   sbb: Sifat tanah SPL 1 SPL 2 SPL 3 Pasir (%) 35 40 45 Pasir sgt halus(%) 15 20 20 Debu (%) 40 30 25 Lempung (%) 10 10 10 BO (%) 5 (rendah) 6 (rendah) 4 (rendah) Permeabilitas (cm/jam) 35 (kode 1) 10 (kode 3) 20 (kode 2) Struktur Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Panjang Lereng rata-rata (m) 20 18 17 Kemiringan Lereng rata-rata(%) 24 13 15 Penggunaan lahan Pinus Kentang

Laporan Praktikum Konservasi Tanah dan Air

HALAMAN PENGESAHAN             Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini telah diselesaikan dan disahkan Disusun Oleh: NINING RAHAYU    H0 7121 38 KELOMPOK 10 Konservasi Tanah dan Air AT-5B Telah dinyatakan memenuhi syarat dan disahkan Pada tangga l : ___________________ Menyetujui,      Dosen Pembimbing           Dr. Ir. Jaka Suyana, M.Si.          NIP. 196408121988031002 Co -Assisten Arwa Farida L NIM H 0711018 KATA PENGANTAR Puji syukur pen yusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini tepat pada waktunya tanpa halangan suatu apapun. Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini dibuat bertujuan untuk melengkapi nilai mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, serta untuk menambah pengetahuan tentang Konservasi Tanah dan Air. Dalam penyusunan laporan

Laporan Praktikum Kultur Jaringan

                                                                            ACARA I STERILISASI ALAT, PEMBUATAN LARUTAN STOK DAN PEMBUATAN MEDIA A.     Pendahuluan 1.       Latar Belakang             Kultur jaringan tanaman adalah suatu metode atau teknik mengisolasi bagian tanaman (protplasma, sel, jaringan, dan organ) dan menumbuhkannya pada media buatan dalam kondisi aseptik di dalam ruang yang terkontrol sehingga bagian-bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi tanaman lengkap. Kultur jaringan mengandung dua prinsip yaitu bahan tanam yang bersifat totipotensi dan budidaya yang terkendali. Penggunaan bahan totipotensi saja tidak cukup mendukung keberhasilan kegiatan dalam kultur jaringan, keadaan media tanam, lingkungan tumbuh (kelembaban, temperatur dan cahaya) serta sterilitas mutlak harus terjamin.              Salah satu pembatas dalam keberhasilan kultur jaringan adal