Langsung ke konten utama

Tugas Kombis: Manajemen krisis



LATAR BELAKANG

          Pada saat perusahaan menghadapi sebuah krisis, hal yang terbaik yang dilakukan oleh perusahaan adalah segera melakukan manajemen krisis agar krisis dapat tertangani dengan baik, cepat dan tepat. Pelaksanaan manajemen krisis ini dilakukan agar situasi krisis tidak mengarah kepada situasi yang memburuk dan berakibat fatal pada citra perusahaan di mata masyarakat. Untuk mengetahui apakah perusahaan telah melakukan manajemen krisis dengan baik dan efektif, salah satunya dapat dilihat dari persepsi khalayak terhadap perusahaan pasca penanganan krisis. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis berita-berita pembentuk opini khalayak yang berhubungan dengan krisis tersebut dan dimuat dalam media cetak surat kabar apakah sudah sesuai dengan pedoman penanganan krisis manajemen.
            Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana cara maskapai penerbangan Lion Air mengatasi krisis pasca isu publik yang tidak mengenakan mengenai kecelekaan pesawat yang pernah terjadi dan berbagai pelayanan buruk maskapai Lion Air kepada konsumen. Konsep kerangka pemikiran di sini berpusat pada public relations dan crisis management. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis pemberitaan surat kabar serta melakukan diskusi kelompok.
PEMBAHASAN
                Didirikan pada tahun 2000 silam, dengan hanya modal satu kali penerbangan per hari, kini maskapai Lion Air melayani 200 penerbangan per hari. Itu artinya, hanya dalam sepuluh tahun, volume penerbangan mereka tumbuh sebanyak 200 kali atau 20,000%. Tahun 2009, total pendapatan mereka sekitar 6 trilyun. Tak banyak perusahaan di tanah air yang bisa menembus angka penjualan  6 trilyun hanya dalam 10 tahun berdirinya. Jumlah penumpang Lion tahun lalu menembus angka 13 juta, dan ini artinya menggusur jumlah penumpang Garuda (hanya 8,3 juta), sebuah maskapai yang jauh lebih tua usianya. Melalui strategis bisnis low cost itulah, Lion Air kemudian mampu mengejawantahkan tagline-nya yang brilian itu ‘we make people fly’ - membuat setiap orang, mulai dari pedagang kain dari Ternate, ibu-ibu rumah tangga dari Medan, petani jeruk dari Pontianak, atau mahasiswa dari Papua, bisa punya kesempatan terbang menembus langit nusantara.
            Harga tiket pesawatnya yang lebih terjangkau memang menjadi daya pikat yang tak dapat disangsikan lagi dari maskapai lion air ini. Kalangan warga sipil merasa sangat terbantu dengan adanya keringanan harga tiket tersebut, sehingga jika dulu layanan mobilitas yang praktis tersebut hanya dapat dinikmati oleh mereka yang berkecukupan secara finansial, maka sekarang  lebih banyak orang yang mampu membeli tiket pesawat yang murah melalui maskapai lion air. Akan tetapi, segala bentuk kepraktisan yang disajikan dengan harga murah tentu memiliki resiko yang lebih tinggi. Sejarah mencatat bahwa maskapai lion air memiliki rekor komplain yang mencengangkan dari para penumpangnya. Mulai dari kecelakaan pesawat yang sering terjadi hingga kritik mengenai kualitas pelayanan yang menunjukkan kurangnya tanggung jawab dari pihak maskapai lion air sendiri.
            Tahun 2013 adalah tahun yang penuh “turbulensi” bagi maskapai Lion Air dengan jumlah armada terbesar di Indonesia ini. Belum pudar ingatan orang akan kejadian-kejadian yang tidak mengenakan beberapa waktu yang lalu, kejadian-kejadian tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:
1.      terjadi lagi delay 7 jam pada 18 Oktober yang lalu, mengakibatkan ratusan penumpang mengamuk. Belakangan diketahui bahwa pesawat tujuan Padang itu seharusnya ganti ban tapi tidak ada ban serep.
2.      Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga mendesak pemerintah agar mengevaluasi dan mendisiplin kelalaian pihak Lion Air. Strategi dan pembenahan internal giat dilakukan pihak Lion Air.
3.      Berbagai teguran resmi dari pemerintah mulai diusulkan oleh beberapa pihak. Anggota Komisi V DPR RI, Saleh Husin meminta Kemenhub dan Ditjen Perhubungan Udara untuk menegor pihak manajemen Lion Air. Beliau juga menegaskan kepada Lion Air untuk tidak memaksa membuka rute bila kekurangan persiapan dalam mengelola.
4.      Pada Senin, 30 September 2013, pesawat Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT-775 rute Manado-Jakarta terpaksa batal terbang. Penumpang membuka pintu darurat pesawat secara paksa, karena merasa sesak di dalam pesawat yang delay terbang terlalu lama dan AC tidak berfungsi dengan baik. Sebagai kompensasi, pihak Lion Air membayar ganti rugi Rp 300.000 kepada tiap penumpang Manado-Jakarta tersebut. Hal ini sesuai dengan UU Kementrian Perhubungan No. 77/2011.
5.      maskapai yang pernah ditegur Kementrian Perhubungan karena terlalu sering telat ini mengalami 55 delay hanya dalam 2 hari. Terdapat kekacauan internal dalam pihak manajemen Lion Air sehingga mengakibatkan efek domino keterlambatan di berbagai kota.
6.      Pesawat Lion Air jurusan Ujung Pandang-Gorontalo menabrak sapi di landasan Bandara Jalaluddin Gorontalo. Akibatnya, Lion Air harus membayar sampai Rp 4 miliar untuk memperbaiki roda pesawat. Nose wheel dan break pesawat rusak parah karena menghantam kepala dan tanduk sapi.
            Tadinya Lion Air memiliki target untuk mencapai on-time performance (OTP) sebesar 92% yang hingga September lalu hanya mencapai 63%. Dengan kejadian ini, Edward Sirait pun pesimis bahwa target akan dapat tercapai. Demi memperbaiki ketepatan waktu dan perbaikan sistem manajemen, Lion Air akan mengadakan training khusus untuk staffnya dalam hal penyampaian informasi. Untuk training ground-staff yang melibatkan konsultan ahli dari Eropa, Lion Air menghabiskan budget hingga Rp 150 miliar.
Dalam hal kreatifitas, maskapai lion air memang patut mendapat acungan jempol. Salah satu terobosan unik dari maskapai swasta terbesar di Indonesia ini adalah dikeluarkannya Batik Air dimana seluruh badan pesawat memiliki motif batik yang merupakan salah satu ikon budaya kebanggaan negeri ini. Namun, impian untuk turut melestarikan properti terbaik Indonesia ini tidak dibarengi dengan jaminan kualitas pelayanan dan keamanan yang mumpuni. Sejak bulan februari tahun 2012 yang lalu, maskapai lion air merupakan salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang dilarang untuk beroperasi di wilayah Uni Eropa karena kurangnya jaminan keamanan.

Anonim. 2013. Catatan Panjang Maskapai Lion Air. http://tiketpontianak.com       diakses pada 27 Mei 2014.
Antariksa, Yodhia. 2010. Melacak Strategi Bisnis Lion Air. http://strategimanajemen.net diakses pada 26 Mei 2014.
Traveloka. 2013. Lion Air-Singa Merah yang Mulai Cemas.             http:/blog.traveloka.com diakses pada 27 Mei 2014.
Utami, Putri. Persepsi Krisis Perusahaan Penerbangan : Studi Kasus pada             Perusahaan Lion Air. Tesis UI. http://lontar.ui.ac.id diakses pada 27 Mei       2014.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Perhitungan Nilai Erosi

Contoh soal: Dari hasil penelitian di suatu daerah penelitian, diketahui bahwa daerah penelitian tersebut terbagi menjadi 3 satuan peta lahan (SPL) dengan sifat-sifat   sbb: Sifat tanah SPL 1 SPL 2 SPL 3 Pasir (%) 35 40 45 Pasir sgt halus(%) 15 20 20 Debu (%) 40 30 25 Lempung (%) 10 10 10 BO (%) 5 (rendah) 6 (rendah) 4 (rendah) Permeabilitas (cm/jam) 35 (kode 1) 10 (kode 3) 20 (kode 2) Struktur Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Panjang Lereng rata-rata (m) 20 18 17 Kemiringan Lereng rata-rata(%) 24 13 15 Penggunaan lahan Pinus Kentang

Laporan Praktikum Konservasi Tanah dan Air

HALAMAN PENGESAHAN             Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini telah diselesaikan dan disahkan Disusun Oleh: NINING RAHAYU    H0 7121 38 KELOMPOK 10 Konservasi Tanah dan Air AT-5B Telah dinyatakan memenuhi syarat dan disahkan Pada tangga l : ___________________ Menyetujui,      Dosen Pembimbing           Dr. Ir. Jaka Suyana, M.Si.          NIP. 196408121988031002 Co -Assisten Arwa Farida L NIM H 0711018 KATA PENGANTAR Puji syukur pen yusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini tepat pada waktunya tanpa halangan suatu apapun. Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini dibuat bertujuan untuk melengkapi nilai mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, serta untuk menambah pengetahuan tentang Konservasi Tanah dan Air. Dalam penyusunan laporan

Laporan Praktikum Kultur Jaringan

                                                                            ACARA I STERILISASI ALAT, PEMBUATAN LARUTAN STOK DAN PEMBUATAN MEDIA A.     Pendahuluan 1.       Latar Belakang             Kultur jaringan tanaman adalah suatu metode atau teknik mengisolasi bagian tanaman (protplasma, sel, jaringan, dan organ) dan menumbuhkannya pada media buatan dalam kondisi aseptik di dalam ruang yang terkontrol sehingga bagian-bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi tanaman lengkap. Kultur jaringan mengandung dua prinsip yaitu bahan tanam yang bersifat totipotensi dan budidaya yang terkendali. Penggunaan bahan totipotensi saja tidak cukup mendukung keberhasilan kegiatan dalam kultur jaringan, keadaan media tanam, lingkungan tumbuh (kelembaban, temperatur dan cahaya) serta sterilitas mutlak harus terjamin.              Salah satu pembatas dalam keberhasilan kultur jaringan adal