1. Carilah contoh surat
bisnis (sertakan contoh tersebut dan tulis sumbernya) yang menurut kalian memiliki
susunan paragraf dan tata
bahasa
kurang baik. Selanjutnya
silahkan revisi surat tersebut sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Kumpulkan contoh surat
sebelum dan sesudah kalian revisi.
Jawaban:
(Jawaban terlampir, sumber: banksurat.com)
2.
Secara
umum ada empat bentuk komunikasi bisnis. Salah
satuya ada komunikasi organisasional. dalam komunikasi organisasional kita
mengenal memo. Sebuah
memo sering hanya memiliki single purpose. Apakah
kalian sepakat dengan pernyataan tersebut, jelaskan. Cari contoh bentuk memo (sertakan contoh
tersebut dan tulis sumbernya) untuk mendukung jawaban kalian.
Jawaban:
Surat Memo sebenarnya
merupakan singkatan dari surat memorandum,
merupakan sebuah surat yang isinya sangat singkat
dari seorang pejabat / atasan dimana surat memo tersebut ditujukan kepada
pejabat atau atasan lain
atau bahkan kepada bawahannya yang masih
dalam satu instansi. Isi dari surat memo biasanya tentang pemberitahuan, permintaan
akan saran-saran tertentu, pesan telepon, atau bahkan berisi perintah atau
instruksi kepada bawahannya. Karena hanya berlaku didalam satu instansi, maka
tidak jarang surat memo hanya ditulis tangan tanpa cap dan kop instansi. Surat
memo biasanya bersifat mendadak dan keadaan terpaksa. Oleh karena itu, untuk
alasan kepraktisan biasanya sebuah instansi menyediakan form surat memo
dalam ukuran kertas kuarto / A5
(Masiku 2013).
Surat
memo tidak selalu memiliki satu tujuan (single
purpose), tetapi bisa dimuat beberapa tujuan, tergantung kebutuhan mendesak
apa yang harus segera dilakukan. Contohnya dapat ditemukan pada contoh surat
memo berikut, dimana surat memo dapat digunakan untuk beberapa pemberitahuan
(tujuan) sekaligus, tidak hanya satu pemberitahuan (tujuan) saja.
3.
Carilah
contoh kasus negosiasi bisnis (sertakan contoh tersebut dan tulis sumbernya). Bagaimana teknik dan strategi yang
seharusnya dilakukan oleh negosiator agar berhasil dalam memenangkan negosisasi
tersebut?
Jawaban:
Pemasaran produk Aqua agar diterima masyarakat
Indonesia, yang dahulunya sempat mengalami penolakan dari konsumen karena
dianggap tidak membutuhkan kemasan air siap minum.
(Sumber:www.perencanaanpemasaran.com)
Teknik negoisator dalam memenangkan negoisasi ini
adalah:
Negosiasi adalah suatu kegiatan yang unik, ada unsur sains, seni/kiat
dan teknik. Lokakarya aktif ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana
bekerjasama daripada agak bersaing dengan pihak lain untuk mendapatkan hasil yang
baik bagi kedua pihak. Dalam
hal ini adalah negosiator dengan calon pembeli untuk mencapai
kesepakatan bersama. Agar proses negoisasi dapat berjalan secara efektif dan
efisien maka negosiator harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi. Adapun
kemampuan yang dimaksudkan adalah:
kesepakatan bersama. Agar proses negoisasi dapat berjalan secara efektif dan
efisien maka negosiator harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi. Adapun
kemampuan yang dimaksudkan adalah:
a. Kemampuan berkomunikasi
dengan calon pembeli
b. Kemampuan untuk
mengetahui kondisi fi sik dan suasana hati calon pembeli
saat bernegosiasi;
saat bernegosiasi;
c. Kemampuan untuk memulai
dan memproses jalannya negosiasi dengan cara
memciptakan hubungan yang harmonis dan akrab.
memciptakan hubungan yang harmonis dan akrab.
1) Kemampuan berkomunikasi
dengan calon pembeli
Agar komunikasi dapat berjalan lancar dibutuhkan keterampilan dan tehnik
yang tepat baik secara komunikasi verbal maupon non verbal.
Agar komunikasi dapat berjalan lancar dibutuhkan keterampilan dan tehnik
yang tepat baik secara komunikasi verbal maupon non verbal.
2) Komunikasi verbal
penyampaian fi kiran dan keinganinan yang diungkapkan
dengan kata-kata sehingga negosiator dapat menjelaskan secara
konkret.
dengan kata-kata sehingga negosiator dapat menjelaskan secara
konkret.
3) Komunikasi non verbal
merupakan sikap negosiator yang ditunjukkan
dalam bahasa tubuh (gerakan), misalnya: memberikan senyuman; ekspresi
wajah, posisi duduk; gerakan legan dan jari; anggukan kepala; kontak mata,
variasi nada suara dan kecepatan bicara; sikap berdiam diri.
dalam bahasa tubuh (gerakan), misalnya: memberikan senyuman; ekspresi
wajah, posisi duduk; gerakan legan dan jari; anggukan kepala; kontak mata,
variasi nada suara dan kecepatan bicara; sikap berdiam diri.
4) Kemampuan untuk
mengetahui kondisi fisik dan suasana hati calon
pembeli saat bernegosiasi Ketika pertama kali bertemu dengan calon pembeli negosiator harus mengetahui dan tanggap terhadap:
pembeli saat bernegosiasi Ketika pertama kali bertemu dengan calon pembeli negosiator harus mengetahui dan tanggap terhadap:
a) Penampilan jasmaniah
calon pembeli apakah kondisi fi sik terlihat segar,
lesu atau tidak bergairah. Begitu juga dengan pandangan matanya apakah terlihat semangat kelelahan atau kosong.
lesu atau tidak bergairah. Begitu juga dengan pandangan matanya apakah terlihat semangat kelelahan atau kosong.
b) Memperhatikan gaya
bicaradan sikap calon pembeli pada saat
berlangsungnya negosiasi dan itu dapat dilihat ketika calon pembeli
menanggapi pembicaraan negosiator.
berlangsungnya negosiasi dan itu dapat dilihat ketika calon pembeli
menanggapi pembicaraan negosiator.
c) Memperhatikan
isyarat-isyarat yang diperlihatkan oleh calon pembeli (dapat berupa gerakan tangan,
anggukan kepala dsb.) sebagai tanda pada saat berbicara.
d) Memperhatikan calon
pembeli dalam mengambil jarak dengan negosiator pada saat berbicara.
e) Memperhatikan kondisi
lingkungan calon pembeli, baik lingkungan kerja, lingkungan pergaulan
sosialnya maupun lingkungan keluarganya.
f) Kemampuan untuk memulai dan
memproses jalannya negosiasi dengan
cara menciptakan hubungan yang harmonis dan akrab (Maddy 2009).
cara menciptakan hubungan yang harmonis dan akrab (Maddy 2009).
DAFTAR
PUSTAKA
Masiku, Darius
Mezakh. 2013. Contoh
surat memo. http://carapedia.com diakses
pada 10 April 2014.
Maddy,
Khairul. 2009. Teknik Dasar Negoisasi. http://ammarawirausaha.blogspot.com
diakses pada 10 April 2014.
Komentar
Posting Komentar