Langsung ke konten utama

Tugas UKD-II Komunikasi Bisnis


1.      Carilah contoh surat bisnis (sertakan contoh tersebut dan tulis sumbernya) yang menurut kalian memiliki susunan paragraf dan tata bahasa kurang baik. Selanjutnya silahkan revisi surat tersebut sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Kumpulkan contoh surat sebelum dan sesudah kalian revisi.
Jawaban:
(Jawaban terlampir, sumber: banksurat.com)

2.      Secara umum ada empat bentuk komunikasi bisnis. Salah satuya ada komunikasi organisasional. dalam komunikasi organisasional kita mengenal memo. Sebuah memo sering hanya memiliki single purpose. Apakah kalian sepakat dengan pernyataan tersebut, jelaskan. Cari contoh bentuk memo (sertakan contoh tersebut dan tulis sumbernya) untuk mendukung jawaban kalian.
Jawaban:
Surat Memo sebenarnya merupakan singkatan dari surat memorandum, merupakan sebuah surat yang isinya sangat singkat dari seorang pejabat / atasan dimana surat memo tersebut ditujukan kepada pejabat atau atasan lain atau bahkan kepada bawahannya yang masih dalam satu instansi. Isi dari surat memo biasanya tentang pemberitahuan, permintaan akan saran-saran tertentu, pesan telepon, atau bahkan berisi perintah atau instruksi kepada bawahannya. Karena hanya berlaku didalam satu instansi, maka tidak jarang surat memo hanya ditulis tangan tanpa cap dan kop instansi. Surat memo biasanya bersifat mendadak dan keadaan terpaksa. Oleh karena itu, untuk alasan kepraktisan biasanya sebuah instansi menyediakan form surat memo  dalam ukuran kertas kuarto / A5 (Masiku 2013).
Surat memo tidak selalu memiliki satu tujuan (single purpose), tetapi bisa dimuat beberapa tujuan, tergantung kebutuhan mendesak apa yang harus segera dilakukan. Contohnya dapat ditemukan pada contoh surat memo berikut, dimana surat memo dapat digunakan untuk beberapa pemberitahuan (tujuan) sekaligus, tidak hanya satu pemberitahuan (tujuan) saja.

3.      Carilah contoh kasus negosiasi bisnis (sertakan contoh tersebut dan tulis sumbernya). Bagaimana teknik dan strategi yang seharusnya dilakukan oleh negosiator agar berhasil dalam memenangkan negosisasi tersebut?
Jawaban:
Pemasaran produk Aqua agar diterima masyarakat Indonesia, yang dahulunya sempat mengalami penolakan dari konsumen karena dianggap tidak membutuhkan kemasan air siap minum.
(Sumber:www.perencanaanpemasaran.com)
Teknik negoisator dalam memenangkan negoisasi ini adalah:
Negosiasi adalah suatu kegiatan yang unik, ada unsur sains, seni/kiat dan teknik. Lokakarya aktif ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana bekerjasama daripada agak bersaing dengan pihak lain untuk mendapatkan hasil yang baik bagi kedua pihak. Dalam hal ini adalah negosiator dengan calon pembeli untuk mencapai
kesepakatan bersama. Agar proses negoisasi dapat berjalan secara efektif dan
efisien maka negosiator harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi. Adapun
kemampuan yang dimaksudkan adalah:
a.       Kemampuan berkomunikasi dengan calon pembeli
b.      Kemampuan untuk mengetahui kondisi fi sik dan suasana hati calon pembeli
saat bernegosiasi;
c.       Kemampuan untuk memulai dan memproses jalannya negosiasi dengan cara
memciptakan hubungan yang harmonis dan akrab.
1)      Kemampuan berkomunikasi dengan calon pembeli
Agar komunikasi dapat berjalan lancar dibutuhkan keterampilan dan tehnik
yang tepat baik secara komunikasi verbal maupon non verbal.
2)      Komunikasi verbal penyampaian fi kiran dan keinganinan yang diungkapkan
dengan kata-kata sehingga negosiator dapat menjelaskan secara
konkret
.
3)      Komunikasi non verbal merupakan sikap negosiator yang ditunjukkan
dalam bahasa tubuh (gerakan), misalnya: memberikan senyuman; ekspresi
wajah, posisi duduk; gerakan legan dan jari; anggukan kepala; kontak mata,
variasi nada suara dan kecepatan bicara; sikap berdiam diri.
4)      Kemampuan untuk mengetahui kondisi fisik dan suasana hati calon
pembeli saat bernegosiasi
Ketika pertama kali bertemu dengan calon pembeli negosiator harus mengetahui dan tanggap terhadap:
a)      Penampilan jasmaniah calon pembeli apakah kondisi fi sik terlihat segar,
lesu atau tidak bergairah. Begitu juga dengan pandangan matanya apakah
terlihat semangat kelelahan atau kosong.
b)      Memperhatikan gaya bicaradan sikap calon pembeli pada saat
berlangsungnya negosiasi dan itu dapat dilihat ketika calon pembeli
menanggapi pembicaraan negosiator
.
c)      Memperhatikan isyarat-isyarat yang diperlihatkan oleh calon pembeli (dapat berupa gerakan tangan, anggukan kepala dsb.) sebagai tanda pada saat berbicara.
d)      Memperhatikan calon pembeli dalam mengambil jarak dengan negosiator pada saat berbicara.
e)      Memperhatikan kondisi lingkungan calon pembeli, baik lingkungan kerja, lingkungan pergaulan sosialnya maupun lingkungan keluarganya.
f)       Kemampuan untuk memulai dan memproses jalannya negosiasi dengan
cara menciptakan hubungan yang harmonis dan akrab
(Maddy 2009).


DAFTAR PUSTAKA
Masiku, Darius Mezakh. 2013. Contoh surat memo. http://carapedia.com diakses pada 10 April 2014.
Maddy, Khairul. 2009. Teknik Dasar Negoisasi. http://ammarawirausaha.blogspot.com diakses pada 10 April 2014.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Perhitungan Nilai Erosi

Contoh soal: Dari hasil penelitian di suatu daerah penelitian, diketahui bahwa daerah penelitian tersebut terbagi menjadi 3 satuan peta lahan (SPL) dengan sifat-sifat   sbb: Sifat tanah SPL 1 SPL 2 SPL 3 Pasir (%) 35 40 45 Pasir sgt halus(%) 15 20 20 Debu (%) 40 30 25 Lempung (%) 10 10 10 BO (%) 5 (rendah) 6 (rendah) 4 (rendah) Permeabilitas (cm/jam) 35 (kode 1) 10 (kode 3) 20 (kode 2) Struktur Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Granuler halus (kode 2) Panjang Lereng rata-rata (m) 20 18 17 Kemiringan Lereng rata-rata(%) 24 13 15 Penggunaan lahan Pinus Kentang

Laporan Praktikum Konservasi Tanah dan Air

HALAMAN PENGESAHAN             Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini telah diselesaikan dan disahkan Disusun Oleh: NINING RAHAYU    H0 7121 38 KELOMPOK 10 Konservasi Tanah dan Air AT-5B Telah dinyatakan memenuhi syarat dan disahkan Pada tangga l : ___________________ Menyetujui,      Dosen Pembimbing           Dr. Ir. Jaka Suyana, M.Si.          NIP. 196408121988031002 Co -Assisten Arwa Farida L NIM H 0711018 KATA PENGANTAR Puji syukur pen yusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini tepat pada waktunya tanpa halangan suatu apapun. Laporan praktikum Konservasi Tanah dan Air ini dibuat bertujuan untuk melengkapi nilai mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, serta untuk menambah pengetahuan tentang Konservasi Tanah dan Air. Dalam penyusunan laporan

Laporan Praktikum Kultur Jaringan

                                                                            ACARA I STERILISASI ALAT, PEMBUATAN LARUTAN STOK DAN PEMBUATAN MEDIA A.     Pendahuluan 1.       Latar Belakang             Kultur jaringan tanaman adalah suatu metode atau teknik mengisolasi bagian tanaman (protplasma, sel, jaringan, dan organ) dan menumbuhkannya pada media buatan dalam kondisi aseptik di dalam ruang yang terkontrol sehingga bagian-bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi tanaman lengkap. Kultur jaringan mengandung dua prinsip yaitu bahan tanam yang bersifat totipotensi dan budidaya yang terkendali. Penggunaan bahan totipotensi saja tidak cukup mendukung keberhasilan kegiatan dalam kultur jaringan, keadaan media tanam, lingkungan tumbuh (kelembaban, temperatur dan cahaya) serta sterilitas mutlak harus terjamin.              Salah satu pembatas dalam keberhasilan kultur jaringan adal